Monday, October 27, 2008

Bekerja di Kapal Pesiar


Pada tahun 1991 saya lulus dari SPG (Sekolah Pendidikan Guru) angkatan paling bontot alias paling akhir karena program pemerintah waktu itu adalah guru SD minimal harus Diploma 2 (D2).Lulusan SPG yang ingin mengajar SD atau TK harus melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi alias harus kulaih, istilah waktu itu adalah PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar ) atau PGTK (Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak) padahal kemauan orang tua adalah secepatnya bekerja jadi guru selepas SPG.Dengan adanya program baru pemerintah,kemauan orang tua menjadi sirna.
Tetapi Alloh telah mentakdirkan saya untuk tidak mengabdi di dunia pendidikan,kira-kira 3 bulan sebelum ujian akhir ada kabar baik dari Jakarta,bahwa telah dibuka sekolah khusus kapal pesiar.Namanya Wisakti International Floating Hotel Institute Jakarta,yang beralamat di Pasar Baru,Jakarta Pusat (tapi saat ini sudah ditutup).Selepas lulus SPG saya masuk Wisakti selama 1 tahun plus training di beberapa hotel,akhirnya bulan Februari 1993 saya melamar ke Nitour (agen kapal pesiar Holand America Line) yang beralamat di jalan Mojopahit 1 Jakarta Pusat.Waktu itu untuk masuk Holand Amerca Line tidaklah terlalu sulit,karena saingan tidak begitu banyak apalagi owner/pemilik Wisakti adalah Direktur Nitour,jadi mungkin ada sedikit nepotisme gitu lah.Tanggal 16 April 1993 untuk kali pertamanya saya join di salah satu kapal Holand America Line, Ms.Nieuw Amsterdam waktu itu di home portnya di Tampa Florida.Wah.....saya untuk kali pertama melihat sebuah kapal yang begitu besar dan mewah yang tidak kalah dengan hotel-hotel berbintang yang pernah saya buat job training sebelumnya.
Tahu tidak apa jabatan saya kali pertama waktu itu?Toiletman .......ya tukang bersih-bersih WC semua penumpang kapal di publik area.Okelah.....tak apalah,yang penting sudah bisa kerja urusan nanti bisa dipikirkan belakangan (gumam saya dalam hati).Sebenarnya untuk seorang new comer (pendatang baru),ada beberapa pilihan jabatan,untuk Housekeeping adalah GPA HK ,termasuk Toiletman tadi,Food & Beverage adalah Assisten waiter,Crew Bar,Gpa messroom atau bisa GPA storeroom.
Terus bagaimana gajinya?eh.....weleh....weleh....gaji pertama saya adalah $265 per bulannya,tidak percaya?????ya itulah gaji seorang tukang bersih-bersih WC di kapal pesiar,tetapi saya bersyukur meskipun gajinya kecil,saya bisa berkeliling Amerika gratis.
Tiga bulan kemudian saya mendapatkan promosi jabatan,saya naik sedikit menjadi Busboy (tugas utama saya ngantar surat antar departemen yang ada di kapal).Jabatan ini saya jalankan sampai akhir kontrak saya.
Tiga bulan saya ambil vakansi (liburan).Saya ada penawaran dari Nitour untuk mengisi jabatan Nite Steward yang waktu itu kosong,tanpa pertimbangkan lebih jauh,penawaran itu saya ambil meskipun saya harus berangkat lebih awal dari rencana semula.
Kontrak ke-2 saya join ke kapal Ms.Noordam di Fort Lauderdale,Florida.Menjadi seorang Nite Steward lebih menyenangkan dari pada 2 jabatan sebelumya,karena gaji sudah naik sedikit dan terkadang masih mendapatkan uang tip dari tamu yang pesan makanan (Room Service).Sebenarnya tugas ini lebih berat karena semua tugas Cabin Steward (Room Boy) dan tugas Room Service di-incarge oleh Nite Steward pada malam hari,seperti membersihkan kamar penumpang jika kamar tersebut belum sempat dibersihkan oleh Cabin Steward dan juga masih harus servis makanan untuk room service.
Tiga bulan tugas ini saya jalankan,akhirnya promosi itu datang juga,saya diangkat menjadi seorang Cabin Steward.Tugas utama adalah bertanggung jawab atas kebersihan kamar penumpang dan segala keperluan penumpang di kamar.
Hari-hari yang menjadi rutinitas adalah memberihkan kamar (make up the room)di pagi/siang hari dan membersihkan kamar (open the bed)di malam hari,bosan juga sih.......tetapi setiap malam sebelum disembarkasi (turunnya tamu) biasanya di atas bed/pillow tamu, ada amplop uang/tip dari penumpang yang menjadi tanggung jawab cabin steward bersangkutan.Besarnya tidak sama antara penumpang satu dengan lainnya bahkan kadang ada juga yang tidak memberi tip,tapi untuk saat ini semua penumpang harus memberi tip (tipping system policy).
Begitulah.......akhirnya penumpang yang kemarin turun dan ganti penumpang baru (embarkasi).Kesibukan di hari embarkasi ini sangat luar biasa.Cabin Steward harus Make up the room/cabin secepat dan sebersih mungkin.Jam 12 siang semau Kamar harus siap untuk penumpang baru padahal penumpang lama baru turun/disembarkasi jam 8 pagi.Jadi banyak diantara cabin steward yang memakai jasa orang lain untuk membantu membersihkan kamar.
Pergantian penumpang (embarkasi/disembarkasi) itu tergantung berapa lama cruise kapal tersebut,biasanya 1 minngu atau 14 hari.Ada juga 10 hari,1 bulan atau bahkan 3 bulan baru embarkasi/disembarkasi ini untuk kapal yang keliling dunia.Tapi biasanya 7 hari cruise.Yang sering cruise Alaska atau Karibia.

2 comments:

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...

Mas Anwar Sanusi, sy ingin berencana untuk bekerja di bidang pelayaran terutama di ship cruise.
Kira2 persiapan2 apa sj yg perlu disiapkan untuk melamar bekerja di kapal pesiar atau ship cruise?

Sebelumnya sy ucapkan banyak Terimakasih.


Best Regards,
Tomi

Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...

Mas Anwar Sanusi, sy ingin berencana untuk bekerja di bidang pelayaran terutama di ship cruise.
Kira2 persiapan2 apa sj yg perlu disiapkan untuk melamar bekerja di kapal pesiar atau ship cruise?

Sebelumnya sy ucapkan banyak Terimakasih.


Best Regards,
Tomi

Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.